Sabtu, 13 April 2013

inspirasi itu dari mana sih?

inspirasi itu dari mana sih???
pertanyaan yang cukup sederhana, dan nampaknya juga sederhana untuk dijawab, jawabannya dari diri pribadi
ya, dari diri pribadilah awal dan yang utama inspirasi itu muncul. karena semua informasi yang diterima itu akan diteruskan dulu ke otak dan kemudian diterjemahkan dengan tindakan tubuh, hubungannya dengan inspirasi??
begini, misalkan kita disuruh oleh guru di sekolah untuk membuat tugas karangan, awalnya pasti buntu dan gak jelas dong apa yang mau kita buat, kita pusing memikirkan akan akan dimulai dari mana untuk membuat karangan ini….
nah, bukankah kita langsung mencari inspirasi? bagi orang lain mungkin akan udah menemukannya, mereka bisa mendapatkan ide untuk menulis dari lingkungan sekitarnya, mulai dari kehidupan semut mencari makan, anjing dan kucing yang sedang berlarian untuk dikisahkan, dan bahkan sampai menceritakan guru yang dengan sabar membuimbing muridnya… nah, banyak sekali inspirasi dan ide untuk membuat karangan itu bukan?
bagi orang lain, mungkin akan sulit sekali untuk mencari ide atau inspirasi itu, karna pikirannya “terlalu sempurna” yang menuntut agar menghasilkan sebuah karangan yang “luar biasa hebat, sehingga pikirannya terbebani, dan ide itu tak kunju8ng muncul.
padahal, rangsangan dari luar tubuh (lingkungan) sama untuk setiap orang, dan tergantung bagaimana orang tersebut menanggapi rangsangan tersebut.
dan kita akhirnya sampai pada intinya, bahwa inspirasi itu datang dari pikiran kita sendiri. bagaimanapun rangasangn dari luar (seperti teman yang dengan “sukarela” menunjukkan tema dan arah karangan yang bagus, tapi jika pikiran buntu dan stuck untuk meneruskan tema tersebut, tetap saja “inspirasi” itu tidak akan datang…
lalu apakah inspirasi itu tidak bisa dibangkitkan dari tubuh?
nah, saya ada tips untuk membangkitkan inspirasi itu,
namanya 5W 1 H
apa itu?
what
where
when
who
whose
how
lengkapi saja itu semua dengan sebuah tema awal, misalnya tentang cerita perjalanan semut tadi, kita harus tahu dulu :
1. apa yang dicari si semut
2. kemana semut itu pergi
3……… dan lain-lain
kamu lengkapi saja hehehe…
mudahkan?
ayo berisnpirasi…

Tidak ada komentar:

Posting Komentar